Ditulis pada tanggal 28 November 2013, oleh admin, pada kategori Berita
  • Nutrisi atau gizi pangan merupakan komponen yang penting bagi kesehatan manusia. Nutrisi yang buruk dapat menyebabkan penurunan fungsi beberapa sistem organ dalam tubuh. Mengingat pentingnya peranan nutrisi dalam kehidupan manusia maka diperlukan adanya penelitian berkesinambungan yang memfokuskan pada bidang nutrisi pangan. Oleh karena itu Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang mendirikan Laboratorium Nutrisi Pangan dan Hasil Pertanian. Laboratorium ini mempunyai cakupan substansi keilmuan yang berkaitan dengan nutrisi atau gizi pangan seperti bioavailabilitas nutrisi, bioassay, gizi masyarakat dan pangan fungsional.
  • Laboratorium Nutrisi Pangan dan Hasil Pertanian ditujukan untuk menunjang kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi Jurusan Teknologi Hasil Pertanian meliputi layanan PBM (praktikum, diskusi, konsultasi, PBL, dll), penelitian dan pengabmas untuk Dosen, mahasiswa Jurusan THP maupun mahasiswa dari Jurusan lain ataupun institusi lain yang dikoordinir oleh Ketua Laboratorium Nutrisi Pangan dan Hasil Pertanian sesuai aturan penggunaan laboratorium yang berlaku.
  • Laboratorium ini  juga memberi pelayanan bagi masyarakat dengan bentuk layanan berupa Konsultasi dan Narasumber pengembangan dan Penelitian produk pangan, kerjasama Penelitian Survey PPH (Pola Pangan Harapan), Jasa analisa dan penelitian dengan hewan coba (secara in vivo), Juri  dalam ajang perlombaan olahan makanan, festival kuliner, dan kegiatan pengabmas lainnya seperti penyuluhan dan pembinaan tentang pangan dan gizi .
  • Laboratorium Nutrisi dan Hasil Pertanian juga mengelola Mata kuliah minat Nutrisi Pangan beserta dosen pengampu yang ahli dibidannya. Mata kuliah yang ditawarkan adalah : Evaluasi Gizi Pangan; Evaluasi Gizi Pangan Lanjut; Suplemen dan Pangan Fungsional; Gizi dan Kesehatan Masyarakat; Topik Khusus Gizi Pangan; Penyuluhan dan Konsultasi Gizi Pangan, Fisiologi Manusia, dan Sistem Manajemen Pelayanan Pangan.

Untuk mendukung proses kegiatan yang ada Laboratorium Nutrisi Pangan dan Hasil Pertanian telah dilengkapi dengan beberapa alat laboratorium diantaranya : shaker waterbath, spectrophotometer, sentrifuge dingin, vortex mixer, refrigerator, kandang tikus percobaan, peralatan bedah, alat pembuat dan pengering pakan,dan lain-lain.